Situs Bisnis Dan Keuangan

Situs Bisnis Dan Keuangan Terlengkap

Indonesia Kurang Diminati Investor, Ekonom INDEF Ungkap Alasannya

Jakarta – Negara demokrasi seperti Indonesia cenderung kurang diminati investor. Pasalnya, berpotensi memiliki ketidakpastian politik dibandingkan dengan negara lain, seperti Vietnam dan Thailand.

Demikian dikatakan Associate Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Asmiati Malik dalam Diskusi Publik INDEF di Jakarta, 21 Agustus 2023.

“Nah itu salah satu penyebab negara yang very democratic seperti Indonesia kita ini untuk investor itu kurang menarik ya kalau dibandingkan dengan negara-negara seperti negara Vietnam, Thailand yang certainty (kepastian) secara politiknya itu lebih kelihatan,” ucap Asmiati.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Jokowi Berikan Golden Visa untuk Investor

Selanjutnya, dengan adanya ketidakpastian politik tersebut, calon investor maupun investor yang sudah ada di Indonesia cenderung akan wait and see terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan yang signifikan.

“Jadi dalam posisi tahun ini mendekati bulan-bulan politik yang sangat intensif ya itu investor itu lagi membaca situasi mereka sekarang tidak ngambil langkah yang signifikan lagi wait and see melihat kondisi politik arahnya akan kemana,” imbuhnya.

Baca juga: Investor ‘Zombie’ Bergentayangan, Hantui Startup di Tanah Air

Oleh karena itu, Asmiati menyarankan Pemerintah Indonesia perlu mengemas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan damai, supaya media internasional tidak melihat adanya kekacauan politik yang dapat menjadi citra buruk Indonesia di kancah internasional.

“Jangan sampai di publik itu bahkan di media internasional kelihatan political chaotic yang muncul di pemilu sebelumnya karena its going to be very bad untuk citra kita internasional,” ujar Asmiati. (*)

Editor: Galih Pratama

The post Indonesia Kurang Diminati Investor, Ekonom INDEF Ungkap Alasannya appeared first on Infobanknews.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *